Monday, November 1, 2010

Dari Kolam Renang GBK 3

Masker Clrearing
Salah satu tujuan menyelam adalah melihat pemandangan yang ada di bawah laut. Namun menikmati keindahan terumbu karang dan mahluk bawah laut lainnya tak akan bisa berjalan maksimal bila kondisi masker berkabut atau kemasukan air.

Untuk mengantisipasi kejadian ini, setiap penyelam dibekali teknik masker clearing (membersihkan masker).

Membersihkan masker saat penyelaman sebenarnya tidak sulit. Namun butuh ketenangan saat melakukannya karena untuk sementara pandangan kita akan terhalang oleh air.

Prinsip masker clearing adalah memasukkan air ke dalam masker dan mengosongkannya kembali dengan meniupkan udara melalui hidung. Caranya cukup mudah, yakni dengan membuat rongga di bagian atas masker agar air bisa masuk.

Peganglah kedua kaca masker lalu tarik perlahan sehingga karet yang menempel di jidat terbuka sedikit. Tunggu sampai air memenuhi seluruh rongga yang ada di dalam masker. Saat air masuk, jangan panik karena air akan menghalangi pandangan kita.

Sebaliknya, untuk mengeluarkan air dari masker, angkat bagian bawah masker yang menempel pada bagian muka yang sejajar dengan hidung. Jangan lupa, tengadahkan muka lalu alirkan udara dari hidung ke dalam masker.

Air akan mendorong air ke luar dari masker. Setelah air sudah kering, segera rapatkan kembali masker untuk mencegah air masuk kembali. Setelah melakukan masker clrearing, dipastikan kaca masker Anda akan kembali bening. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment